Rabu, 26 Maret 2008

Sorowako menuju masa depan

Kalimat ini cukup membahana di pikiran saat ini. Lihat sebuah undangan Lokakarya sabtu(8 maret 2008) kemarin dari I.S.S.(Ikatan Sarjana Sorowako) mengenai “Sorowako Menuju Masa Depan”. Dan bagus juga untuk dibahas diblog ini. sebenarnya agak terlambat juga masukkan tulisan ini di blog.

Melihat judulnya saja sudah cukup menarik dan sempat membangkitkan emosi yang ada di otak kecilku untuk beberapa saat lamanya. Apa yang ada dibenakku saat itu cukuplah rumit dan general. “Sorowako Menuju Masa Depan”. Klo dilihat perkata. Apa sih masa depan itu? Kalo menurut saya pribadi masa depan adalah sesuatu gambaran mengenai dunia apapun ruang lingkupnya untuk beberapa masa waktu mendatang. Sedang sorowako adalah kota tambang yang terpencil di sulawesi selatan. Jadi bisa saya simpulkan sorowako menuju masa depan adalah bagaimana sorowako yang kecil dan terpencil membentuk dan membenahi diri sedemikian rupa agar mampu bertahan dari semua hal yang ada di masa mendatang. Wow, memang pembahasan yang sangat berat.

Ada sebuah pertanyaan yang muncul. Kenapa sorowako menuju masa depan begitu penting dibahas sekarang? Klo dilihat sekilas memang apa yang perlunya dikhawatirkan karena sorowako terus berkembang dan baik-baik saja, tapi klo dipikir lebih jauh hal ini menjadi sangat penting adanya. Menurut saya kalo kita melihat keadaan sekarang. Perkembangan sorowako dari jaman dulu hingga sekarang sangatlah dipengaruhi oleh keberadaan dari hasil bumi berupa nickel. Nikkel memang anugrah yang tiada tara yang diturunkan Tuhan kepada sorowako. Adanya perusahaan asing yang mulai berdatangan seperti PT.INCO lambat laun mempengaruhi juga bagi pembangunan di sorowako, mulai adanya fasilitas-fasilitas umum yang dibangun. Dan kemudian menjadi sangat penting adanya bagi semua yang mengais rejeki di sorowako terutama bagi warga asli sorowako seperti saya. Pernah terfikirkan bagaimana klo perusahaan ini tidak ada, mungkin keadaan saya tidak bakal seperti ini. Tidak bisa menunut ilmu lebih jauh. Hanya akan menjadi terpuruk dan ketinggalan zaman.

Klo kita cermati lagi nickel memang sangat menjanjikan dan mempunyai harga yang cukup tinggi di pasaran dunia, dan kebayang klo besi-besi hasil industri bakal berkarat karena tidak adanya nikkel dan oleh karena itu maka tidak salah jika perusahaan asing itu menanamkam modalnya di sorowako. Tapi kita janganlah lupa dan terlena klo nickel itu sendiri adalah barang yang bisa habis sewaktu-waktu. Dan mungkin beberapa tahun kedepan bakal habis. Dan disinilah pertanyaan sesungguhnya. Bagaimana nasib sorowako selanjutnya? Disaat nickel sudah habis, perusahaan asing kembali kenegaranya, dimana pembangunan mendadak terhenti karena sorowako tidak mempunyai penghasilan lagi. Kebayang, apakah sorowako harus menjadi kota mati? Apakah anak-anak sorowako akan terpuruk lagi seperti dulu diawal. Karena tidak adalagi yang bisa dilakukan.

Maka mulai dari sekarang hal ini perlu dipikirkan bersama, tapi jangan cuman berhenti dipikiran saja karena kalo semua hal ini cuman dipikirkan saja, maka hanya akan berakhir sia-sia. Perlu adanya ide, solusi dan tindakah yang nyata. Agar sorowako bisa mandiri dan berkembang. Dan kalo bukan sekarang yah kapan lagi, mumpung sekarang segala hal penunjangnya masih ada. Dan melalui blog ini saya menghimbau untuk mari sama-sama membangun kota sorowako !!.....

3 komentar:

Anonim mengatakan...

sering terpikirkan oleh diriku...

Anonim mengatakan...

yup benar poed....
memang harus dipikirkan dan harus di wujudkan karena

"pemikiran tanpa ada realisasi maka akan membusuk"

ani mengatakan...

alam yang indah ( danau Matano + hawa yang lumayan sejuk ) and ditambah dengan SDM yang berkualitas ( tingkat pendidikan masyarakat sorowako sudah tinggi )....pasti Sorowako tidak akan menjadi kota mati....
apa yang kita miliki sekarang jangan dihabiskan untuk saat ini saja...tapi coba manfaatkan untuk kedepan...